Supaya Produktif, Lakukan Hal ini Sebelum Masuk ke Zona Waktu “8 to 5”

Supaya Produktif, Lakukan Hal ini Sebelum Masuk ke Zona Waktu “8 to 5”

Pagi Menyambut Kembali
Anda si “Morning Person” atau seorang “Night Owl”? Tentunya dua tipe tersebut sama-sama mempunyai kesempatan untuk memiliki hari yang produktif dengan caranya masing-masing. Namun, berbagai aktifitas yang kita lakukan sehari-hari, tidaklah mudah membuat diri terbiasa untuk memiliki aktifitas rutin pagi yang produktif.

Untuk si “Morning Person” misalnya. Meski terbiasa untuk bangun dipagi hari, bisa jadi telat bangun sehingga terburu-buru berangkat ke kantor. Datang tepat waktu pun, kadang kala langsung disibukkan dengan kegiatan kantor yang perlu dilakukan pertama kali di waktu pagi. Seperti meeting mingguan, meeting dengan clientbriefing team, dan lainnya. Semua kegiatan pertama di pagi hari ini bisa jadi akan membuat hari terasa panjang dan melelahkan.

Morning Routine Para Leader
Dengan mempelajari kebiasaan para top leader yang sukses, aktifitas rutin mereka di pagi hari bisa jadi inspirasi bagi Anda yang ingin memberi nuansa baru agar pagi menjadi lebih produktif. Pernahkah Anda terpikir untuk membuat “tomorrow list” di malam hari?. Coba tiru kebiasaan simple tapi sangat bermanfaat yang biasa dilakukan oleh Kenneth Chenault (CEO American Express) tersebut. Dengan membuat “tomorrow list” Anda akan lebih siap dalam memulai hari dengan mengecek kembali daftar kegiatan Anda di waktu pagi sebelum berangkat ataupun selama di perjalanan.

Mirip dengan Kenneth, David Karp yang merupakan Founder dan CEO Tumblr, juga membuat to-do-list per hari. Selain itu, dia juga menyempatkan waktu untuk berjalan kaki selama 15 menit sebelum mulai bekerja, sambil menikmati udara pagi yang menyegarkan. Ada juga yang menyempatkan waktu paginya untuk melakukan yoga, seperti yang dilakukan oleh Gwyneth Paltrow (Aktris dan Founder Goop). Pastinya, banyak cara Anda sendiri untuk menjadikan pagi menjadi lebih produktif.

10 Tips untuk Pagimu
Lalu bagi Anda yang sudah menjadi “morning person” tapi masih terasa kurang produktif dalam memulai pagi, hal apa yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya ?. Mari kita coba tips berikut:

  1. Buat rencana kegiatan seharian agar lebih jelas.
  2. Atur alarm dengan waktu yang sama setiap harinya. Sehingga Anda akan terbiasa dengan siklus bangun setiap harinya.
  3. Coba rutin mengonsumsi madu hangat, lemon hangat, ataupun green tea hangat.
  4. Sempatkan waktu untuk berolahraga ringan supaya fisik terus terjaga dan terlatih menghadapi beban kegiatan berikutnya.
  5. Jangan lupakan sarapan! Modal utama untuk dapat berpikir jernih di pekerjaan.
  6. Baca berita dan email. Update dengan informasi terkini juga bisa menambah bahan obrolan dan wawasan dengan rekan kerja.
  7. Mengobrol dengan pasangan/keluarga mengenai rencana mereka hari tersebut termasuk anak-anak bisa menjadi quality time sejenak.
  8. Cek kembali barang-barang kebutuhan harian yang perlu Anda bawa, misalnya laptop, lunchbox, dokumen meeting, dll.
  9. Senyum dan berpikir positif ketika berangkat. Semangati diri sehingga rekan-rekan kerja Anda juga dapat tertular energi semangatmu dalam bekerja.
  10. Mulai pikirkan juga rewards yang bisa Anda berikan bagi diri sendiri apabila semua to do list yang Anda buat dapat terlaksana dengan baik. Tidak perlu yang berlebihan. Cukup sebagai bentuk perayaan kecil yang dapat menjadi penambah semangat bagi aktivitas Anda selanjutnya.

Selamat Pagi, Semangat Seharian !!!

0 Comments

Leave a reply

© 2021 Duage Management - Indonesia
Jl. Gudang Peluru Raya Blok A No. 32
Kebon Baru, Tebet – Jakarta Selatan 12830
Mobile : 0811-1396-626
WhatsApp Whatsapp Chat

Log in with your credentials

Forgot your details?