5 Tips Sukses Menjadi First Line Leader baru

5 Tips Sukses Menjadi First Line Leader baru

Nikmatnya Jabatan Baru
Dipromosikan naik jabatan? Siapa sih yang tidak senang?. Apalagi ini pertama kalinya menjadi seorang leader selama meniti karier. Titel baru, gaji bertambah, punya anak buah walaupun baru beberapa orang, ada yang hubungin kamu untuk izin saat tidak masuk kantor, dan bahkan kamu dimintain tanda tangan untuk persetujuan rencana kerja.

Namun, dibalik nikmat setelah promosi tersebut, ada sesuatu yang menunggu. Seperti yang diucapkan oleh Pamannya Peter Parker di Film Spiderman, “With Great Power, Comes Great Responsibility”. Dengan jabatan baru tersebut, kamu pasti punya kuasa lebih yang akan diiringi juga dengan tanggung jawab lebih besar.

 

Tidak Lagi Kamu, Tapi Kami..
Mulai saat ini, kamu tidak lagi berbicara mengenai diri kamu sendiri, tetapi mengenai kamu dan tim kamu. Dulu, saat masih menjadi staf, fokus kamu adalah tugasmu beres, training yang diselenggarakan kamu ikuti, KPI milikmu kamu penuhi, dan semuanya tentang kamu, kamu, dan kamu . Hingga sampai pada saat kamu dilihat sebagai atasanmu sebagai staf terbaik, lalu mendapat promosi.

Seperti pada subjudul di buku Leadership Pipeline karya Ram Charan, “From Managing Self to Managing Others”. Transisi yang terjadi adalah kamu perlu mengalokasikan waktu kerjamu yang kurang lebih selama 8 jam itu untuk memikirkan dan menolong tim kamu karena kamu juga akan ditanyakan oleh atasanmu mengenai tim kamu. Tidak hanya memonitor tugas harian mereka saja supaya bisa segera beres, tetapi lebih dari itu. Kamu harus memikirkan progress mereka, berbagai training untuk mengembangkan potensi mereka, melakukan coaching, memberikan feedback, dan bahkan menyiapkan mereka untuk menjadi diri kamu selanjutnya apabila suatu saat nanti kamu dipromosikan ke level selanjutnya lagi.

Baca juga :   Menurut Anda, mana yang lebih penting Attitude atau Kompetensi ?

 

Lalu Apa Yang Dapat Kamu Lakukan ?
Bukankah pemimpin yang sukses adalah yang berhasil membuat timnya sukses? (Meskipun masih tergolong first line leader). Seperti yang diungkapkan oleh CEO General Electrics, Jack Welch, “Before you are leader, success is all about growing yourself. When you become a leader, success is all about growing others”. Oleh karena itu, ini beberapa tips yang dapat kamu lakukan sebagai seorang First Line Leader:

1. Komunikasi Sebagai Pondasi Utama
Memiliki tim berarti kamu perlu berkoordinasi secara langsung dengan masing-masing anggota tim kamu. Target, strategi, tantangan, contoh keberhasilan anggota lain maupun contoh kegagalannya harus dikomunikasikan bersama dengan jelas. Dengan demikian, peluang target tercapai akan lebih besar dan kamu akan dinilai sukses dalam memimpin tim kecilmu oleh atasanmu.

2. Mendelegasikan Pekerjaan
Kini saatnya kamu untuk mendelegasikan tugas-tugas kepada para anggota tim kamu. Kuncinya, kamu perlu menanamkan rasa tanggung jawab yang besar dan kepercayaan kepada mereka bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas sebelum waktu yang telah ditetapkan. Kemudian, kamu juga perlu siap untuk merevisi tugas yang mereka kerjakan. Jika kamu masih merasa tidak percaya untuk mendelegasikan sebagian pekerjaan, maka kamu belum sepenuhnya menjadi leader.

3. Berperan Sebagai Mentor
Dengan pengalaman dan kemampuan yang lebih dibandingkan tim kamu, kamu adalah sosok yang diperlukan jika mereka mengalami kendala. Oleh karena itu, kamu harus siap dan sabar untuk mengajari tim kamu suatu cara yang mereka belum mengerti untuk dapat mengerjakan tugasnya.

4. Atur Meeting Secara Berkala
Setidaknya 1x seminggu kamu dan tim kamu perlu duduk bersama membahas progress dari tugas-tugas tim kamu. Selain bisa sharing mengenai pekerjaan, kamu juga akan lebih mengenal dekat mereka dan menilai kemampuan soft skills mereka misalnya dalam melakukan presentasi dan diskusi.

Baca juga :   Coaching Leadership - Pilihan gaya kepemimpinan zaman now

5. Memberikan Feedback
Jangan pernah memberikan feedback yang negatif di depan anggota tim lainnya. Sebaiknya kamu memintanya untuk menemuimu secara pribadi, kemudian kamu bahas permasalahannya. Sebaliknya, feedback yang positif bisa kamu ungkapkan secara langsung jika kebetulan ada anggota tim lainnya di sekitar kamu saat itu. Namun, jangan terlalu berlebihan juga karena potensi kecemburuan akan muncul.

Dengan menggunakan 5 tips di atas, semoga kamu mendapat pencerahan dalam memimpin tim sebagai First Line Leader dalam karier barumu.

Jadi, siapkah kamu dipromosikan untuk pertama kalinya segera?

Tags:
0 Comments

Leave a reply

© 2021 Duage Management - Indonesia
Jl. Gudang Peluru Raya Blok A No. 32
Kebon Baru, Tebet – Jakarta Selatan 12830
Mobile : 0811-1396-626
WhatsApp Whatsapp Chat

Log in with your credentials

Forgot your details?