HR dan Leaders perusahaan harus fokus dalam upaya Pengembangan Tim perusahaan.

HR dan Leaders perusahaan harus fokus dalam upaya Pengembangan Tim perusahaan.

Duage menawarkan perspektif baru dalam dunia Human Resources yaitu untuk melihat upaya Pengembangan Manusia (People Development), Pengembangan Kepemimpinan (Leadership Development) dan Pengembangan Organisasi (Organizational Development) dalam bingkai Pengembangan Tim (Team Development).

Perusahaan sejatinya adalah sebuah Tim, yaitu sekumpulan orang yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bisnis yang ditentukan. Tim adalah unit terkecil dalam perusahaan, bukan individu. Kapasitas Individu tidak berkorelasi secara langsung dengan pencapaian target perusahaan. Perusahaan yang berisi orang-orang hebat namun tidak bekerja sama mencapai tujuan yang diharapkan tentu tidak akan berhasil mencapai tujuan bisnisnya, terlebih dalam persaingan industri yang semakin ketat seperti sekarang ini.

Perusahaan harus mampu menciptakan individu-individu yang mampu mendorong kinerja Tim nya agar sesuai dengan target dan tujuan bisnis perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus membuat program Pengembangan Manusia (People Development) yang memiliki tujuan untuk menciptakan anggota-anggota Tim yang hebat.

Keberadaan pemimpin yang hebat dalam sebuah organisasi tidak cukup untuk menjawab tantangan dalam era Revolusi Industri ke 4 yang semakin kompleks ini bila tidak didukung dengan keberadaan Tim yang kuat. Sekitar 50%-90% tugas keseharian pemimpin dalam organisasi baik itu Top Management, Middle Management, maupun Low-Level Management adalah dalam konteks Tim. Oleh karena itu Tim HR dan Leaders di Perusahaan harus mulai fokus dalam upaya Pengembangan Kepemimpinan (Leadership Development) untuk menciptakan Pemimpin yang mampu mendorong, mengarahkan dan mengelola Tim Perusahaan agar memiliki kinerja yang Tinggi (High Performing Team).

Dalam upaya menjawab tantangan era VUCA sekarang ini, Pengembangan Organisasi (Organizational Development) perusahaan juga harus dikembangkan dengan tahap perkembangan Tim yang ada di perusahaan. Tiap perusahaan adalah entitas bisnis yang unik, memiliki karakteristiknya sendiri, tidak sama satu dengan lainnya. Segala macam teori dan prinsip manajemen bisnis dan organisasi yang hebat belum tentu dapat diaplikasikan oleh semua perusahaan. Seringkali pembuatan sistem organisasi perusahaan menjadi tidak berguna karena tidak dapat digunakan oleh Tim Perusahaan.

Baca juga :   5 Tips Sukses Menjadi First Line Leader baru

Memiliki fokus dan bingkai Pengembangan Tim (Team Development) dalam upaya pencapaian target dan tujuan bisnis perusahaan adalah hal yang mutlak harus dilakukan oleh HR dan Leaders dalam perusahaan agar mampu bersaing dalam kancah industri global.

Tags:
0 Comments

Leave a reply

© 2021 Duage Management - Indonesia
Jl. Gudang Peluru Raya Blok A No. 32
Kebon Baru, Tebet – Jakarta Selatan 12830
Telp : 021-83705415 | Mobile : 0811-847-2626
WhatsApp Whatsapp Chat

Log in with your credentials

Forgot your details?