Memecahkan mentalitas silo dengan Team Building Activation Program

Memecahkan mentalitas silo dengan Team Building Activation Program

Setiap Tim dalam perusahaan pasti memiliki target kerja masing-masing, namun sejatinya target-target yang berbeda tersebut mengarah pada satu tujuan bersama yaitu pencapaian target perusahaan.

Tapi pada kenyataannya, hal ini seringkali luput dipahami oleh semua Tim dalam perusahaan karena masing-masing Tim cenderung berusaha mementingkan pencapaian pekerjaannya masing-masing. Setiap Tim seolah berlomba-lomba mencapai KPI masing-masing dengan mengorbakan pencapaian KPI Tim lain. Jadi seolah ada konflik kepentingan antara satu Tim dengan Tim yang lain.

Situasi semacam ini disebut dengan Silo Effect atau Mentalitas Silo yaitu mentalitas untuk mementingkan pencapaian kinerja masing-masing Tim dan seolah acuh dengan urusan dan kepentingan Tim lain. Sebuah situasi yang akan membuat kinerja perusahaan menurun dan berpotensi untuk memperburuk hubungan personal antar Tim. Bukan tidak mungkin akan timbul upaya untuk saling menyalahkan dan berujung pada konflik terbuka antar Tim. Yang jelas pencapaian target perusahaan yang dikorbankan.

Pada umumnya, sebagian besar orang menganggap bahwa Mentalitas Silo ini terjadi karena sikap dan karakter buruk personal anggota Tim yang berseteru, padahal pada kenyataannya hal ini terjadi karena terhambatnya komunikasi, kesalahpahaman dan yang paling penting adalah kurangnya kesadaran bersama tentang peran dan tanggung jawab antar Tim dan kaitannya terhadap pencapaian target perusahaan.

Program Team Building Activation “Breaking The Silos” ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran personal (Self Awareness) dan kesadaran kelompok (Group Awareness) dan membentuknya menjadi kesadaran Tim (Team Awareness) tentang peran, tanggung jawab dan proses kerja antar Tim dalam bingkai besar pencapaian tujuan perusahaan.

 

Memecahkan mentalitas silo dengan Team Building Activation Program

Dengan program ini, akan tercipta kesadaran bersama mengenai proses bisnis perusahaan dan peran Tim masing-masing dalam upaya pencapaian target perusahaan. Tantangan dan kesulitan nyata yang terjadi dalam proses kerja sehari-hari akan didiskusikan secara terbuka dengan nuansa positif dalam upaya mencari solusi terbaik bagi semua Tim.

Baca juga :   Gejala Stroke Pada Organisasi.

Hasil akhir dari program Team Building Activation “Breaking The Silos” ini adalah terbentuknya Komitmen bersama lintas Tim untuk melakukan upaya perbaikan hubungan kerja antar Tim dan memecahkan Mentalitas Silo yang menghambat pencapaian target perusahaan. Dengan bahasan mengenai situasi nyata Tim perusahaan Anda, hasil komitmen bukan hanya sekedar kata-kata manis bersayap belaka, tapi sebuah langkah konkrit dan riil yang akan dilakukan Tim Anda setelah kembali ke pekerjaan mereka.

Program Team Building Activation ini memang bukan sekedar Team Building biasa yang menekankan pada aktivitas permainan luar ruang pemecah suasana. Program ini menjanjikan tumbuhnya kesadaran mengenai situasi nyata Tim dan perusahaan sehingga akan menumbuhkan motivasi serta mengaktivasi Tim perusahaan Anda untuk kembali menampilkan performa terbaiknya

Tags:
0 Comments

Leave a reply

© 2021 Duage Management - Indonesia
Jl. Gudang Peluru Raya Blok A No. 32
Kebon Baru, Tebet – Jakarta Selatan 12830
Mobile : 0811-1396-626
WhatsApp Whatsapp Chat

Log in with your credentials

Forgot your details?