Membuat Tim yang efektif dan memiliki kinerja yang tinggi dengan GRPI Model

GRPI Analysis - Duage Management

Agar menjadi sebuah Tim yang efektif, harus ada empat pilar yaitu Goals, Roles, Process & Interpersonal Relationship (GRPI). Sebuah Tim yang efektif harus memiliki Tujuan (Goals) yang sama dan rasa memiliki terhadap tujuan tersebut agar gerak langkah Tim berjalan sesuai arah yang ditentukan. Untuk menopang Tujuan ini, Tim harus membuat pembagian Peran (Roles) yang tepat, membentuk struktur Tim yang sesuai, memiliki ekspektasi yang sama dan ada aturan main (Ground Rules) yang disepakati dan dijalankan bersama oleh semua anggota Tim.

Dalam bekerjasama mencapai Tujuan yang ditentukan, Tim juga harus memiliki Proses dan Prosedur (Process) yang sesuai dengan Tugas yang dilakukan oleh Tim. Tim harus memiliki proses komunikasi yang baik, proses pengambilan keputusan dan manajemen konflik yang tepat agar Tim dapat berfungsi secara baik.

Pilar paling dasar dalam sebuah Tim adalah hubungan interpersonal (Interpersonal Relationship). Tim terdiri dari beberapa individu, maka tak pelak akan ada hubungan interpersonal antar individu anggota Tim tersebut. Hubungan yang baik antar anggota Tim akan membuat Tim bekerja secara efektif. Hubungan ini harus dilandasi oleh rasa saling percaya, saling menghormati, saling mendukung dan adanya keamanan psikologis bagi anggota Tim dalam berinteraksi di dalam Tim tersebut.

Empat Pilar ini dapat digunakan untuk menganalisa kinerja Tim. Dengan pemahaman yang baik terhadap GRPI Model ini, HR dan Leaders di perusahaan dapat dengan mudah mengetahui situasi dan kondisi Tim nya sehingga dapat menentukan dengan tepat program pengembangan bagi Timnya.

Hubungan Interpersonal adalah dasar dalam kerja sebuah Tim, bila interaksi antar anggota Tim buruk maka akan membuat kinerja Tim bermasalah. Bila hubungan antar anggota Tim baik namun tidak didukung dengan sistem kerja yang jelas maka akan membuat pengerjaan tugas menjadi kacau. Bila hubungan antar anggota Tim dan proses kerja sudah baik, namun tidak ada pembagian peran dan struktur Tim yang tepat, maka akan ada kerancuan sehingga membingungkan alur kordinasi dan tanggung jawab. Hubungan kerja, sistem kerja dan struktur kerja yang baik dalam sebuah Tim pun menjadi percuma bila tidak mengarah pada tujuan yang diharapkan.

0 Comments

Leave a reply

© 2021 Duage Management - Indonesia
Jl. Gudang Peluru Raya Blok A No. 32
Kebon Baru, Tebet – Jakarta Selatan 12830
Telp : 021-83705415 | Mobile : 0811-847-2626
WhatsApp Whatsapp Chat

Log in with your credentials

Forgot your details?